Sepetik cerita Saat kelulusan Saga chan

Upacara kelulusan merupakan hal yang pasti sudah ditunggu-tunggu oleh siswa kelas XII di hampir seluruh belahan dunia,begitu juga anak kami, si Saga chan yang tahun ini merupakan siswi tahun terakhir SMAN Hanamaki Minami Jepang. Pada Rabu (3/1) Kepala Sekolah SMAN Hanamaki Minami secara resmi mewisuda hampir 200 siswa-siswinya dalam sebuah Upacara Wisuda Kelulusan atau yang dalam Bahasa Jepang disebut 卒業式 (Sotsugyōshiki) yang bertempat di Gedung Olah Raga Sekolah tersebut dengan dihadiri oleh hampir semua orang tua siswa yang akan diwisuda, para guru, dewan PTA / Parent teacher Association  (semacam Komite Sekolah jika di Indonesia,yang terdiri dari beberapa perwakilan orang tua siswa )


Momentum kelulusan ini ditanggapi dengan beragam rasa oleh para siswa. “Papa Mama Thank You” tulis Saga chan anak kami dalam secarik kertas berwarna hijau yang dimasukkan amplop mungil dan sebagaimana amplop lainnya, amplop tersebut di tempel didinding yang berlatarbelakang pohon Sakura , dimana amplop-amplop mungil tersebut tadi adalah laksana bunga sakuranya. Dan kami para orang tua diarahkan untuk mengambilamplop  sesuai nama anak kami.

Saga chan dan juga teman-temannya sekelas mengaku bahwa   rasanya campur aduk disertai bahagia karena bisa lulus dan sudah mencapai titik balik. Sementara seorang siswa lainnya saat saya tanya dia berkata bahwa , lulus SMA berarti sudah harus siap untuk memulai belajar menempuh hidup tanpa bergantung sepenuhnya pada orang tua. “Saya akan melanjutkan kuliah di Morioka sementara teman yang lain mungkin ada yang langsung bekerja” ujarnya. Tentunya mereka tampak senang karena sejak hari itu sudah resmi menjadi alumni SMAN Hanamaki Minami Kotogakko.  Dan sayup-sayup penulis juga mendengar beberapa orang tua berkata pada anaknya, seperti “Sebentar lagi, kalian akan memulai tahap kehidupan dan Pendidikan yang lebih tinggi, semoga cita-cita mu tercapai, Nak.”

Saat bertemu beberapa orang guru, Beliau berkata bahwa Para Guru  pun menyambut upacara kelulusan dengan amat Bahagia dan kebanggaan. “Selamat atas kelulusan anak-anak, juga Saga Chan. Saya doakan yang terbaik untuk kesuksesan Saga chan,” ungkap Bu (siapa lupa Namanya) tapi setelah itu Penulis tahu bahwa Beliau adalah Guru yang bertugas di UKS.

Walikelas Saga chan, Pak Mizusawa juga menyampaikan pesan agar Saga chan tetap bisa berkarya, terus giat belajar dan memberi manfaat pada keluarga dan sekitar untuk meraih hadiah indah di masa depan. Di pidatonya, Bapak kepala sekolah juga berpesan agar para alumni tetap memegang teguh nilai-nilai karakter yang diajarkan Bapak dan Ibu guru sebagai bekal alumni di dunia kerja dan perkuliahan serta kehidupan nyata selanjutnya. “Saya ucapkan selamat untuk kalian semua yang telah berjuang bersama selama 3 tahun,” ungkap Kepala Sekolah Pak Hirokazu Yamada. Juga ditambahkan oleh beliau, “Satu hal yang pasti, kalian akan selalu di hati kami,”

Diakhir acara, sebelum pulang kami sempat berbicara dengan salah satu orang tua siswa sembari mengucapkan selamat serta mendoakan kesuksesan anak mereka sebagai teman seperjuangan selama bersekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANYAK JALAN MENIMBA ILMU DI JEPANG