Kamis, 29 Juni 2017

TSUYU



Ube city-Japan; 30 Juni 2017
Halo semua…..apa kabar?...
Tak terasa hari-hari ini, sudah memasuki akhir bulan Juni. Biasanya, di hampir semua wilayah di Jepang sini, setiap mulai akhir bulan Juni sampai pertengahan Juli, sedang masuk masa "tsuyu", dimana kita akan menikmati suasana yang banyak turun hujan dan suhu udara turun sehingga kita akan merasa sedikit kembali terasa dingin.
Pada masa ini kita seperti akan merasakan ‘’ sedikit kurang nyaman / gerah’’, badan menjadi berkeringat, dan hehehehehe bau badan agak mulai ‘’ mengenalkan jati dirinya’’ sehingga membuat kita ingin sering-sering mengguyur badan untuk mandi dan menyegarkan badan. Hal ini karena sebagian besar wilayah Jepang yang beriklim laut, maka udara dan suhu disekitar kita saat ini menjadi sangat lembab. Meskipun suhu sekitar kita menunjukkan angka sudah sekitar 25an derajat Celcius, tetapi tetap saja ini belum bisa dibilang panas. Ditambah lagi hujan yang akan sering turun dan matahari akan sering tampak bermalas-malasan menampakkan dirinya, serta suasana mendung terus selama 2 mingguan masa ‘’tsuyu’’ ini. Oh ya, pada masa ‘’tsuyu’’ , biasanya cuaca tidak stabil. Sering kita kehujanan saat pagi hari berangkat ke kampus, sekolah atau tempat kerja, tetapi saat siang harinya kita tahu-tahu mendapatkan suasana yang terang benderang dan panas lalu sore atau malam harinya hujan kembali menerjang. Sehingga saat ini akan tampak banyak orang selalu bawa payung dan jas hujan untuk mengantisipasi hujan yang akan dapat datang setiap saat.
Oh ya, kami juga melihat hal lain dari masa ‘’tsuyu’’ ini, yaitu hujan yang sangat intens turun ini, ternyata sesuai dan mendukung para petani yang sedang menanam pertaniannya. Kemarin sore, kami menikmati suasana tanaman padi yang baru tumbuh dan tampak hijau disekitar tempat tinggal kami yang menyenangkan mata dan hati. Kami juga melihat sudah banyak orang yang memakai pakaian lengan pendek, kaos tipis dan celana pendek santai. Juga di hampir semua pertokoan, sudah mulai memajang baju-baju dan keperluan musim panas.
Setelah masa-masa ini, kita akan merasakan masa "tsuyuake". Pada masa ini, suhu udara akan mulai naik drastis dan ‘’ taraaaaaaa’’…mulailah kita memasuki musim panas yang sebenarnya.
Selamat pagi dan selamat memulai aktifitas penuh sukses, ya buat semuanya.....
Ganbatte..ayo semangat !!!!
Salam hangat kami dari UBE city, Japan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar