Sabtu, 01 Oktober 2016

MAHASISWA INDONESIA MERAIH DUA GELAR PRESTESIUS
PADA
‘’ KOMPETISI PIDATO 3 MENIT BAGI DOKTOR MASA DEPAN’’  (FUTURE DOCTORAL 3 MINUTES SPEECH COMPETITION 2016)
Oleh
Tun Ahmad Gazali*)


HIRAKU ( Home for Innovative Researchers and Academic Knowledge Users), sebuah program untuk mempromosikan "Program Pengembangan Generasi Peneliti Masa Depan" dibawah naungan dari ‘’Konsorsium Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu dan Teknologi’’ Hiroshima University-Jepang pada Sabtu, 24 September 2016 bertempat di  Higashi Hiroshima Arts & Culture Hall ( Gedung Kurara) di Saijo city-Hiroshima, Jepang telah menyelenggarakan sebuah kompetisi bertajuk “ THE FUTURE DOCTORAL STUDENTS 3 MINUTES SPEECH COMPETITION 2016”.

Kompetisi ini adalah sebuah "platform kompetisi lokal di wilayah Chugoku ( Jepang Barat daya) untuk membuka masa depan”. Kegiatan ini telah diadopsi dan diakui oleh oleh Departement Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi,  Pemerintah Jepang untuk  sebuah program " Pengembangan konsorsium bisnis konstruksi pembangunan sumber daya manusia iptek/ Program Pengembangan generasi peneliti masa depan"  yang diorganisir oleh Hiroshima University, Jepang bersama Yamaguchi University dan Universitas Tokushima.
“THE FUTURE DOCTORAL STUDENTS 3 MINUTES SPEECH COMPETITION 2016” dibagi  dalam dua sesi, yaitu sesi paparan menggunakan Bahasa Jepang yang diikuti 24 mahasiswa Doktoral dan sesi paparan Bahasa Inggris. Kompetisi diikuti oleh 38 mahasiswa program doktoral utusan dari 10 universitas di Jepang. Para peserta memaparkan hasil kerja penelitian mereka di depan sekitar 250an penonton umum dan  16 orang anggota dewan panel juri melalui satu “slide” yang harus dipaparkan terbatas dalam pidato tiga menit. Penilaian mencakup visi dan misi penelitian, semangat dan originalitas penelitian, hasil penelitian serta kemampuan peserta dalam membuat penonton yang umumnya dari masyarakat umum yang umumnya kurang mengenal sisi ilmiah, menjadi paham dan mudah memahami isi pidato peserta yang hanya 3 menit tersebut.
Setelah semua 38 peserta menyelesaikan lomba, sebagaimana hasil penghitungan pooling pilihan penonton dan penilaian ilmiah dari 16 anggota Dewan Panel Juri, Tun Ahmad Gazali, seorang mahasiswa Indonesia program Doktoral tahun kedua pada Graduate School of Sciend and Engineering, Yamaguchi University-Japan membuat kejutan dengan meraih dua gelar prestisius sekaligus.
   

Melalui pidato 3 menit nya dengan judul : “Bioelectricity Generation from Persimmon Fruit Waste through Microbial Fuel Cell”, Tun, mahasiswa tugas belajar yang menyelesaikan Master Degreenya di Graduate School of Sciend and Engineering, Saga University-Japan pada tahun 2006 tersebut, rupanya bisa mencuri hati penonton dengan meraih gelar “ People’s Choice – Silver (English Session)”  dan membuat 16 orang dewan panel juri yang sepakat memberikan penilaian terbaik untuk pidato 3 menitnya tersebut dengan gelar  “ HIRAKU President Award “ kepada Tun.

 
          

Hasil lengkap pemenang dapat dilihat pada akses :   http://home.hiroshima-u.ac.jp/hiraku/event/competition_2016/report/. (-CakTun-).


*) Penulis adalah Staf Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur; Mahasiswa Tugas Belajar Doktoral pada Graduate School of Science and Engineering, Yamaguchi University-Japan (2015-2018); Alumni Program Master of Engineering (M.Eng)  dari Graduate School of Science and Engineering, Saga University-Japan pada tahun 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar